1.
Buat judul laman yang unik, akurat
Tag judul
memberitahu pengguna dan mesin penelusuran mengenai topic tertentu suatu laman.
Tag <title> harus ditempatkan diantara tag <head> pada dokumen
HTML. Idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda.
Praktik yang dianjurkan untuk tag
laman judul
• Jelaskan
konten laman secara akurat- Pilih judul yang mengkomunikasikan topik konten
laman secara efektif
Hindari:
• Memilih
judul yang tidak berhubungan dengan konten pada laman
• Buat
tag judul unik untuk setiap laman- Setiap laman Anda idealnya harus
mempunyai tag judul yang unik, yang membantu Google untuk mengetahui perbedaan
laman tersebut dengan laman lainnya pada situs Anda
Hindari:
• Menggunakan
satu tag judul pada semua laman atau sekumpulan besar laman situs Anda
• Gunakan
judul yang singkat, tetapi jelas - Judul bisa singkat dan informatif Jika
judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian dari hasil
penelusuran.
Hindari:
• Menggunakan
judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengguna
• Menyertakan
kata kunci yang tidak diperlukan pada tag judul Anda
2.
Menggunakan meta tag "description"
Deskripsi
meta tag penting karena Google mungkin menggunakannya sebagai snippet untuk
laman Anda. Perlu diketahui bahwa kami mengatakan "mungkin" karena
Google dapat memilih untuk menggunakan bagian yang relevan dari teks laman Anda
yang terlihat jika kecocokan dengan permintaan pengguna sangat baik.
Latihan yang bagus untuk meta tags
deskripsi
• Meringkas
konten laman secara akurat - Tulis deskripsi yang akan menginformasikan dan
menarik perhatian pengguna jika melihat meta tag deskripsi Anda sebagai
potongan dalam hasil penelusuran.
Hindari:
• menulis
meta tag deskripsi yang tidak mempunyai hubungan dengan konten laman
• menggunakan
deskripsi umum seperti "Ini adalah laman web" atau "Laman
tentang kartu baseball"
• mengisi
deskripsi hanya dengan kata kunci
• menyalin
dan merekat seluruh konten dokumen ke dalam meta tag deskripsi
• Gunakan
deskripsi yang unik untuk setiap laman - Dengan memiliki meta tag deskripsi
untuk setiap laman membantu pengguna dan Google, khususnya dalam penelusuran di
mana pengguna mungkin membawa laman ganda pada domain Anda (mis. penelusuran
menggunakan situs: operator). Jika situs Anda memiliki ribuan atau bahkan
jutaan laman, meta tags deskripsi kerajinan tangan Anda mungkin tidak layak.
Dalam kasus ini, Anda dapat menjalankan meta tags deskripsi secara otomatis
berdasarkan konten tiap laman.
Hindari:
• menggunakan
meta tag deskripsi tunggal melintasi semua laman situs Anda atau laman dalam
jumlah besar
3.
Tingkatkan struktur URL
Dengan
membuat kategori dan nama file yang deskriptif untuk dokumen situs web tidak
hanya membantu situs tetap terorganisir dengan lebih baik, tapi juga dapat
membawa penelusuran yang lebih baik pada dokumen Anda dengan mesin telusur.
Latihan yang bagus untuk struktur URL
• Gunakan
kata-kata dalam URL - URL dengan kata-kata yang relevan dengan konten dan
struktur situs akan lebih bersahabat untuk para pengunjung yang menjalankan
situs Anda. Pengunjung lebih mengingat URL tersebut dan mungkin akan lebih
tertarik untuk bertaut dengan mereka.
Hindari:
• menggunakan
URL panjang dengan parameter yang tidak perlu dan ID sesi
• memilih
nama laman umum seperti "page1.html"
• menggunakan
kata kunci yang berlebihan seperti
"baseball-cards-baseball-cards-baseball-cards.htm"
• Buatlah struktur direktori yang sederhana - Gunakan
struktur direktori yang mengorganisir konten Anda dengan baik dan memudahkan
pengunjung untuk mengetahui tempat konten dalam situs. Usahakan untuk
menggunakan struktur direktori Anda untuk mengindikasikan jenis konten yang
ditemukan dalam URL tersebut.
Hindari:
• membuat subdirektori
nesting yang dalam seperti
".../dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6/page.html"
• menggunakan nama
direktori yang tidak berhubungan dengan konten di dalamnya
• Sediakan satu versi URL untuk membuka dokumen - Untuk
mencegah pengguna bertaut ke satu versi URL dan pengguna lainnya bertaut ke
versi yang berbeda (ini dapat merusak reputasi konten dalam URL), tetaplah
fokus untuk menggunakan dan mengacu pada satu URL dalam struktur dan pertautan
internal laman Anda.
Hindari:
• memiliki laman dari
subdomain dan direktori dasar (mis. "domain.com/page.htm" dan
"sub.domain.com/page.htm") untuk mengakses konten yang sama
• mencampur www. dan
non-www. versi URLs dalam struktur tautan internal
• menggunakan kapitalisasi
aneh pada URL (banyak pengguna berharap URL menggunakan huruf kecil dan lebih
mudah untuk diingat)
4.
Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi
Semua situs
memiliki beranda atau laman "dasar", yang biasanya merupakan laman
situs paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak
pengunjung. Jika situs Anda hanya memiliki laman sedikit, Anda sebaiknya
berpikir tentang kenapa pengunjung ingin pergi dari laman umum (laman dasar)
Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik.
Latihan yang baik untuk navigasi
situs
• Buatlah
hierarki yang mengalir dengan alami - Buatlah sesederhana mungkin bagi
pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan
dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan kerjakan penambahan
ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda.
Hindari:
• membuat web
tautan navigasi yang rumit , mis. menautkan setiap laman pada situs Anda ke
setiap laman lain
• keluar
dengan mengiris dan memotong konten Anda (ini membutuhkan dua puluh klik untuk
mendapatkan konten yang dalam)
• Gunakan
sebagian besar teks untuk navigasi - Dengan mengontrol sebagian besar
navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks akan
memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak
pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk
piranti yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.
Hindari:
• memiliki navigasi yang seluruhnya
didasarkan pada menu, gambar, atau animasi menurun
• Gunakan
navigasi "breadcrumb"- Breadcrumb adalah sebaris tautan internal
pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi
balik ke bagian sebelumnya atau ke laman dasar dengan cepat. Banyak breadcrumbs
memiliki laman yang paling umum (biasanya laman dasar) sebagai tautan pertama
dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar ke sisi kanan.
• Letakkan
laman peta situs HTML pada situs Anda, dan gunakan file Peta situs XML -
Laman peta situs yang sederhana dengan tautan ke semua laman atau laman yang
paling penting (jika Anda memiliki ratusan atau ribuan) pada situs Anda akan
sangat berguna. Dengan membuat file Peta situs XML untuk situs Anda membantu
menjamin mesin telusur menemukan laman-laman pada situs Anda. Hindari:
• membiarkan laman peta
situs HTML Anda menjadi usang dengan tautan yang putus
• membuat peta situs HTML
yang memuat laman-laman begitu saja tanpa mengaturnya, misalnya berdasarkan
subyek
• Pertimbangkan apa
yang akan terjadi jika seorang pengguna menghilangkan sebagian dari URL Anda -
Beberapa pengguna mungkin menavigasi situs Anda dengan cara yang aneh, dan Anda
harus mengantisipasinya. Misalnya, selain menggunakan tautan breadcrumb pada
laman, pengguna mungkin memasukkan sebagian URL ke dalam harapan untuk menemukan
konten yang lebih umum.
• Memiliki laman 404
yang berguna - Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam
situs Anda, baik dengan mengikuti tautan putus atau mengetik dalam URL yang
salah. Dengan memiliki laman 404 kustom yang dapat memandu pengguna untuk balik
ke laman kerja pada situs Anda dapat sangat meningkatkan pengalaman pengguna.
Laman 404 Anda mungkin
seharusnya memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat
menyediakan tautan ke konten populer atau konten terkait pada situs Anda.
Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan dalam laman 404 untuk
digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga
menggunakan Perangkat Webmaster Google untuk menemukan sumber URL yang
menyebabkan galat "tidak ditemukan".
Hindari:
• membolehkan
laman 404 Anda untuk diindeks dalam mesin telusur (pastikan webmaster Anda
dikonfigurasikan untuk memberi kode status HTTP 404 jika laman yang tidak ada
diminta)
• hanya
menyediakan pesan kabur seperti "Tidak ditemukan", "404",
atau sama sekali tidak ada laman 404
• menggunakan
rancangan untuk laman 404 Anda yang tidak konsisten dengan sisa situs Anda
5.
Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas
Membuat
konten kompel dan berguna akan lebih mempengaruhi situs web Anda dibandingkan
faktor lain yang didiskusikan di sini. Pengguna mengetahui konten yang bagus
ketika mereka melihat konten tersebut dan mungkin akan mengarahkan pengguna
lain ke konten tersebut. Ini bisa melalui posting blog, layanan media sosial,
email, forum, atau media lain.
Latihan konten yang bagus
• Tulis
teks yang mudah di baca - Pengguna menikmati konten yang ditulis dengan
baik dan mudah diikuti.
Hindari:
• menulis
teks yang tidak rapi dengan kesalahan penulisan dan gramatika yang banyak
• menempelkan teks dalam
gambar untuk konten tekstual (pengguna mungkin ingin menyalin dan merekat teks
tersebut dan mesin telusur tidak dapat membacanya)
• Tetaplah diatur di
sekitar topik - Selalu menguntungkan untuk mengatur konten Anda sehingga
pengunjung nyaman ketika salah satu konten dimulai dan lainnya diakhiri.
Membagi konten Anda menjadi keratan atau divisi membantu pengguna menemukan
konten yang mereka dapatkan lebih cepat.
Hindari:
• membuang jumlah teks
banyak pada topik yang beragam ke dalam laman tanpa paragraf, sub judul, atau
pemisahan tampilan
• Gunakan bahasa yang
relevan - Berpikirlah tentang kata-kata yang mungkin ditelusur oleh
pengguna untuk menemukan sebagian konten Anda. Pengguna yang banyak tahu
tentang topik tersebut mungkin menggunakan kata kunci yang berbeda dalam kueri
penelusuran mereka dibanding seseorang yang baru melihat topik tersebut.
• Buat isi yang segar
dan unik - Konten baru tidak hanya akan menjaga pengunjung Anda untuk tetap
balik, tapi juga membawa pengunjung baru.
Hindari:
• mengulangi (atau bahkan
menyalin) konten yang ada yang akan mendatangkan nilai tambah sedikit kepada
pengguna
• dengan menduplikat atau
hampir menduplikat versi dari konten di situs Anda (lebih lenjut tentang konten
duplikasi)
• Menawarkan konten
atau layanan eksklusif - Pertimbangkan untuk membuat layanan baru dan berguna
yang tidak ditawarkan situs lain. Anda juga bisa menuliskan artikel riset
orisinal, melaporkan berita yang menarik, atau meningkatkan basis pengguna yang
unik. Situs lain mungkin kekurangan sumber daya atau tenaga ahli untuk
melakukan hal ini.
• Ciptakan konten yang
khusus untuk pengguna Anda, bukan mesin penelusuran - Merancang situs Anda
untuk kebutuhan pengunjung disaat bersamaan memastikan situs Anda mudah untuk
diakses bagi mesin penelusuran yang biasanya menghasilkan hasil positif.
Hindari:
• memasukkan kata kunci
yang tidak penting yang ditujukan untuk mesin penelusuran tapi mengganggu atau
tidak masuk akal bagi pengguna
• dengan memblokir teks
seperti "kesalahan ejaan yang sering digunakan untuk mencapai laman
ini" yang tidak memberikan keuntungan bagi pengguna
• secara curang menyembunyikan
teks dari pengguna, tapi menampilkannya bagi mesin penelusuran
6.
Tulis teks pengait yang lebih baik
Teks pengait
adalah teks yang dapat diklik yang akan dilihat pengguna sebagai hasil dari
tautan, dan terletak di antara tag pengait <a
href="..."></a>.
Praktik yang dianjurkan untuk teks
pengait
• Pilih
teks yang deskriptif - Teks pengait yang Anda gunakan tautan harus
menyediakan setidaknya gagasan dasar dari laman yang tertaut.
Hindari:
• menulis
teks pengait yang umum seperti "laman", "artikel", atau
"klik di sini"
• menggunakan
teks yang tidak sesuai topik atau tidak ada kaitannya dengan konten dari laman
yang tertaut
• menggunakan
URL laman sebagai teks pengait pada kebanyakan kasus (meski ada penggunaan yang
logis dari hal itu, seperti mempromosikan atau mereferensi alamat situs web
baru)
• Tulis
teks yang ringkas - Usahakan tulis teks yang pendek tapi
deskriptif—biasanya beberapa kata atau frasa pendek.
Hindari:
• menulis
teks pengait yang panjang, seperti kalimat yang panjang atau paragraf pendek
• Format
tautan agar mudah terlihat - Memudahkan pengguna membedakan antara teks
biasa dan teks pengait pada tautan Anda. Konten Anda menjadi kurang berguna
jika pengguna tidak melihat tautan atau tidak sengaja mengkliknya.
Hindari:
• menggunakan
CSS atau penggaya teks yang membuat tautan tampak seperti teks biasa
• Pikirkan teks pengait
untuk tautan internal juga - Anda mungkin berpikir tentang mentautkan dalam
kaitan dengan menunjuk pada situs web luar, tapi dengan lebih memperhatikan
pada teks pengait yang digunakan untuk tautan internal dapat membantu pengguna
dan juga Google menavigasikan situs Anda dengan lebih baik.
Hindari:
• menggunakan teks pengait
yang panjang atau dipenuhi oleh kata kunci yang berlebihan hanya untuk mesin
penelusuran
• menciptakan tautan yang
tidak perlu yang tidak membantu pengguna dalam menavigasi situs
7. Gunakan tag heading sewajarnya
Tag heading (jangan keliru dengan tag <head> HTML atau baris
awal (headers) HTTP) digunakan untuk menyajikan struktur pada laman bagi
pengguna. Terdapat enam ukuran dari tag heading, yang diawali dengan
<h1>, yang terpenting, dan diakhiri dengan <h6>, yang tidak terlalu
penting.
Praktik yang dianjurkan
untuk tag heading
• Bayangkan
kamu menulis sebuah ikhtisar - Mirip seperti saat menulis ikhtisar untuk
surat kabar besar, masukkan ide pada apa yang akan menjadi poin utama dan
sub-poin konten pada laman dan tentukan di mana tag heading akan digunakan
dengan baik.
Hindari:
• menempatkan
teks pada tag heading yang tidak akan berguna dalam menentukan struktur laman
• menggunakan
tag heading disaat menggunakan tag lain seperti <em> dan <strong>
mungkin lebih pantas
• secara
tidak beraturan berganti dari ukuran tag heading yang satu ke lainnya
• Gunakan heading
dengan hemat di sepanjang laman - Gunakan tag heading saat memang masuk
akal untuk digunakan. Terlalu banyak tag heading pada sebuah laman dapat
membuat pengguna kesulitan untuk memindai konten dan menentukan akhir dari satu
topik dan awal dari lainnya.
Hindari:
• menggunakan tag heading
secara berlebihan disepanjang laman
• memasukkan seluruh teks
laman ke tag heading
• menggunakan tag heading
hanya untuk gaya dan tidak mewakili struktur
8. Optimalkan penggunaan gambar
Gambar dapat menjadi komponen langsung dari situs Anda, tapi
penggunaannya dapat dioptimalkan. Semua gambar dapat memiliki nama yang berbeda
dan atribut "alt", yang harus Anda manfaatkan. Atribut
"alt" membuat Anda dapat menetapkan teks alternatif untuk gambar jika
tidak dapat ditampilkan untuk alasan tertentu.
Praktik yang dianjurkan
untuk gambar
• Gunakan
nama file dan teks alt yang singkat, tapi deskriptif - Seperti bagian lain
dari laman yang menjadi target pengoptimalan, nama file dan teks alt (untuk
bahasa ASCII) lebih baik jika pendek, tapi deskriptif.
Hindari:
• gunakan
nama file yang umum seperti "gambar1.jpg", "gbr"1.gif"
jika mungkin (beberapa situs dengan ribuan gambar mungkin akan mempertimbangkan
penamaan gambar secara otomatis)
• menulis
nama file yang sangat panjang
• memasukkan
kaya kunci kedalam teks alt atau menyalin dan merekat seluruh kalimat
• Menyediakan
teks alt saat menggunakan gambar sebagai tautan - Jika Anda memutuskan
untuk menggunakan gambar sebagai tautan, mengisi teks alt membantu Google lebih
memahami tentang laman yang Anda tautkan. Bayangkan Anda menulis teks pengait
untuk tautan teks.
Hindari:
• menulis
teks alt yang terlalu panjang yang dapat dianggap spam
• hanya
gunakan tautan gambar untuk navigasi situs Anda
• Simpan
gambar pada direktori sendiri - Daripada memiliki gambar yang tersebar di
beberapa direktori dan subdirektori di sepanjang domain Anda, pertimbangkan
untuk memperkuat gambar Anda ke dalam direktori tunggal (mis.
brandonsbaseballcards.com/images/). Ini akan mempermudah jalur ke gambar Anda.
• Gunakan
tipe file yang umum - Format gambar yang didukung oleh kebanyakan peramban
seperti JPEG, GIF, PNG, dan BMP.Ide yang baik juga jika memiliki ekstensi dari
nama file Anda sama dengan tipe filenya.
9.
Pergunakan dengan baik robots.txt
File
"robots.txt" memberitahu mesin penelusuran apakah mereka dapat
mengakses dan lalu merayap di bagian situs Anda. File ini, yang harus dinamai
"robots.txt", diletakkan di direktori pusat situs Anda.
Praktik yang dianjurkan untuk
robots.txt
• Gunakan
metode yang lebih aman untuk konten sensitif - Anda tidak boleh merasa
nyaman menggunakan robots.txt untuk memblokir materi sensitif atau rahasia.
Satu alasan adalah mesin pencari masih dapat memberi referensi URL yang Anda
blok (hanya menunjukkan URL, tidak ada judul atau snippet) jika ternyata ada
tautan ke URL itu di Internet (seperti catatan pengacu). Mengenksipsi konten
atau melindunginya dengan kata sandi dengan .htaccess merupakan alternatif yang
lebih aman.
Hindari:
• membiarkan
laman yang disukai hasil penelusuran untuk dijalari (pengguna tidak suka
meninggalkan satu laman hasil penelusuran dan masuk ke laman hasil penelusuran
lainnya tidak menambah nilai yang signifikan)
• membiarkan
laman yang dihasilkan secara oto dengan konten yang sama atau berbeda sedikit
untuk dijalari: "Apakah 100,000 laman yang seperti duplikat harus ada
dalam indeks mesin penelusuran?"
• membiarkan
terbentuknya URL sebagai hasil dari layanan proxy untuk dijalari
10.
Hati-hati dengan mengunakan tautan rel="janganikuti"
Mengatur
nilai atribut "rel" dari tautan menjadi "janganikuti" akan
memberitahu Google bahwa tautan tertentu pada situs Anda jangan diikuti atau
membagi reputasi laman Anda pada laman yang ditautkan. Tautan janganikuti
menambahkan rel="janganikuti" di dalam tag pengait tautan itu.
Jika Anda
tertarik untuk mengaktifkan janganikuti pada seluruh tautan pada sebuah laman,
Anda dapat gunakan "janganikuti" pada tag meta robots, yang
diletakkan di dalam tag <head> dari HTML laman itu. Webmaster Central
Blog menyediakan pos yang bermanfaat mengenai penggunaan tag meta robots.
Metode ini ditulis sebagai <meta name="robots"
content="nofollow">
11.
Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar
Sementara kebanyakan tautan ke situs
Anda akan didapat secara perlahan, saat orang menemukan konten Anda melalui
penelusuran atau cara lain dan tertaut padanya, Google memahami Anda ingin
orang lain mengetahui tentang kerja keras yang dilakukan untuk konten ini.
Mempromosikan konten baru Anda secara efektif akan mengacu pada penemuan yang
lebih cepat bagi mereka yang tertarik pada subyek yang sama. Bersama dengan
banyaknya poin yang tercakup dalam dokumen ini, mengarahkan rekomendasi kepada
tindakan ekstrim sebetulnya dapat membahayakan reputasi situs.
Praktik yang dianjurkan untuk
mempromosikan situs web
• Blog
tentang konten atau layanan yang baru - Posting blog pada situs sendiri
memberitahukan pangkalan pengunjung bahwa menambah sesuatu yang baru merupakan
cara yang hebat agar konten atau layanan yang baru diketahui. Webmaster lain
yang mengikuti situs atau RSS feed Anda dapat juga belajar sendiri ceritanya.
• Jangan
lupa berpromosi secara luring - Meluangkan usaha untuk mempromosikan
perusahaan atau situs secara luring dapat bermanfaat juga. Misalnya, jika
memiliki situs bisnis, pastikan URL tercantum dalam kartu bisnis, kepala surat,
poster, dll. Anda juga dapat mengirimkan laporan berkala kepada para klien
melalui surat agar mereka mengetahui konten pada situs web perusahaan.
• Menali
situs media sosial - Situs-situs yang dibangun di sekeliling interaksi dan
sharing memudahkan untuk mencocokkan grup
Hindari:
• mempromosikan setiap
konten baru dan bagian kecil konten yang Anda buat; coba buat item yang besar
dan menarik
• melibatkan situs dalam
skema yang konten Anda dipromosikan secara palsu kepada layanan teratas ini
• Tambahkan bisnis Anda
ke Pusat Bisnis Lokal Google - Jika melakukan bisnis lokal, menambahkan
informasinya ke Pusat Bisnis Lokal Google akan membantu menjangkau para
pelanggan pada Google Maps dan penelusuran web. Pusat Bantuan Webmaster
memiliki tips selengkapnya mengenai mempromosikan bisnis lokal.
• Coba komunikasi
dengan mereka yang berada di komunitas terkait situs - Kesempatannya yaitu,
terdapat sejumlah situs yang meliputi area topik yang sama dengan Anda.
Komunikasi terbuka dengan situs-situs ini biasanya bermanfaat Topih hangat di
tempat atau komunitas Anda bisa mencetuskan ide tambahan untuk konten atau
membangun sumber komunitas yang baik
Hindari:
• melakukan spamming permintaan
tautan ke semua situs terkait area topik Anda
• membeli tautan dari
situs lain dengan tujuan lebih mendapatkan PageRank daripada lalu lintas
12. Manfaatkan alat webmaster gratis
Mesin penelusuran
terbesar, termasuk Google, menyediakan alat gratis untuk webmaster Alat
Webmaster Google membantu webmaster mengontrol lebih baik bagaimana Google
berinteraksi dengan situs web mereka dan mendapatkan informasi bermanfaat dari
Google mengenai situs mereka. Dengan Alat Webmaster tidak akan membantu situs
mendapatkan perlakuan istimewa; tapi, bisa membantu mengenali masalah yang,
jika dialamatkan, bisa membantu situs berkinerja lebih baik dalam hasil
penelusuran. Dengan layanan tersebut, webmaster bisa:
• melihat bagian mana dari situs Googlebot yang telah menyebabkan
masalah merayap
• mengunggah berkas XML Sitemap
• menganalisis dan menghasilkan robots.txt files
• menghapus URL yang sudah digerakkan Googlebot
• menentukan domain yang diinginkan
• mengenali masalah dengan meta tags judul dan deskripsi
• memahami penelusuran teratas yang digunakan untuk menjangkau
situs
• melihat sekilas bagaimana Googlebot melihat laman
• menghapus tautan situs yang tidak diinginkan yang mungkin
digunakan Google sebagai hasil
• menerima pemberitahuan pelanggaran panduan kualitas dan berkas
sebagai pertimbangan ulang situs
13.
Manfaatkan layanan analitik web
Jika sudah
meningkatkan gerakan dan indeks situs dengan Alat Webmaster Google atau layanan
lain, mungkin Anda ingin mengetahui lalu lintas yang datang ke situs. Program
analitik web seperti Analitik Google merupakan sumber pengamatan yang berguna
untuk ini. Anda juga dapat menggunakan program ini untuk:
• mengamati
bagaimana para pengguna menjangkau dan bertindak di situs
• menemukan
konten paling dikenal di situs
• mengukur
dampak optimasi yang dibuat pada situs (mis. apakah mengubah meta tags judul
dan deskripsi meningkatkan lalu lintas dari mesin penelusuran?)
Bagi para
pengguna lanjutan, informasi paket analitik memberikan, dikombinasikan dengan
data dari berkas log server, bahkan dapat memberikan informasi lebih menyeluruh
mengenai bagaimana para pengunjung berinteraksi dengan dokumen Anda (seperti
kata kunci tambahan yang mungkin digunakan para penelusur untuk menemukan situs
Anda).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar