Senin, 01 Oktober 2012

Panduan Membuat Toko Online dengan Wordpress



Perlengkapan Toko Online
1. Siapkan Wordpress Anda
Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memiliki wordpress yang ter-install di komputer Anda ataupun hosting di server tertentu. Dan tidak lupa, Anda pun harus memiliki akun terlebih dahulu di wordpress. Bila belum punya, silakan instal dulu dan buat dulu blog-nya.
Cara membuat blog di wordpress bisa Anda pelajari di www.asianbrain.com. Sementara, bagi Anda yang sudah siap perlengkapannya, langsung saja login ke akun wordpress Anda.
2. Siapkan Plugin e-Commerce
Aksesoris utama lain untuk menjadikan blog wordpress Anda menjadi sebuah toko online adalah fasilitas e-Commerce. Melalui Plugin e-Commerce inilah toko online Anda bisa ditata dan dikontrol dengan baik. Boleh dikatakan, plugin e-Commerce-lah yang menjadi nyawa dari toko online Anda.
Banyak sekali plugin yang berfungsi sebagai e-Commerce (toko online). Dalam kesempatan kali ini, kita akan gunakan salah satu plugin yang sudah cukup dikenal oleh para pemilik toko online, yaitu WP e-Commerce.
3. Siapkan Template e-Commerce
Perlengkapan lain yang harus Anda siapkan untuk toko online Anda adalah template wordpress khusus untuk penggunaan toko online. Banyak sekali template yang gratis, silahkan Anda cari di Google.


Membuat Toko Online
Setelah memiliki akun wordpress, template, dan plugin, kini anda tinggal membuat toko online. Caranya mudah, tidak terlalu ribet dan anda bisa membuatnya sesuai dengan selera anda. Ini dia langkah-langkahnya :
1. Masuk ke Akun Wordpress Anda.
2. Install Plugin WP e-Commerce.
Klik menu “plugin”, “add new”, “upload”, lalu “browse”. Silakan masukkan file plugin WP e-Commerce yang sudah Anda download sebelumnya, kemudian “install now”.
Alternatif lain, Anda bisa gunakan fasilitas “search” pada halaman plugins/add new tadi. Pada kolom “search”, ketik “wp e-commerce”, nanti Anda akan melihat banyak sekali plugin wp e-commerce dari berbagai author. Rekomendasinya, pilih plugin WP e-Commerce dari Instinct Entertainment. Bila sudah Anda temukan, langsung download.
3. Aktifkan Plugin WP e-Commerce
Di menu “plugins”, klik “plugins”, di sana Anda akan melihat plugin WP Shopping Cart, lalu klik “activate”.
4. Aktifkan Template e-Commerce
Masuk ke menu “appearance”, klik “themes”, “install themes”, “upload”, lalu “browse”. Masukkan file template yang sudah Anda download sebelumnya, kemudian klik “install now”.
Untuk mengaktifkannya, Anda lihat di “themes”, di sana akan muncul template yang Anda download, silakan Anda aktifkan.
Sampai tahap ini, toko online Anda sebetulnya sudah jadi. Berikutnya Anda hanya tinggal mengisinya dengan produk-produk yang mau Anda jual. Caranya cukup mudah, Anda masuk ke menu “store”, lalu klik “products”.
Masukkan informasi produk, seperti nama, gambar, harga, ukuran dimensi, berat, biaya pengiriman, dan lain sebagainya. Silakan, Anda bebas mengaturnya, karena itu adalah toko online Anda sendiri.

Tips Tampilan Toko Online
Sebuah toko online akan dikunjungi banyak orang jika tampilannya menarik dan berisi produk yang menarik pula. Berbagai tips di bawah ini bisa anda lakukan. kelihatannya sih memang sepele, tapi jika anda melakukannya dengan tepat dan niat, pasti toko online anda ramai dikunjungi. Dengan demikian, akan semakin banyak yang berminat terhadap produk anda.
1. Mulai dengan alamat wordpress yang mudah diingat
Ini salah satu poin pentingnya. Jangan terlalu ribet menuliskan alamat wordpress yang akan anda buat. Justru, alamat yang simple dan jelas akan memudahkan pelanggan dan calon pelanggan menemukan toko online anda. sesuaikan pula dengan apa yang anda jual. Misalnya, baju muslim, jilbab, kue kering, dan lain sebagainya.
Alamat wordpress yang mudah diingat akan mudah dikenal oleh banyak orang. Selain terkenal melalui pencarian google, toko online anda akan mudah diucapkan dari mulut ke mulut. Apalagi jika produk anda menarik, wah pasti akan banyak orang yang mengingat dan menyampaikannya pada kerabat, dan teman-temannya.
2. Tampilkan Foto yang Menarik
Foto produk merupakan hal pokok dalam sebuah toko online karena foto produk dan keterangannya merupakan inti yang dilihat oleh calon pelanggan. Pastikan bahwa foto yang anda tampilkan di toko online tersebut menarik dari segi kejelasannya dan kesesuaian dengan produk asli. Usahakan jangan mengambil foto dari google atau toko lain. Dengan kata lain, foto produk harus memang berupa foto yang anda ambil sendiri.
Hal ini memang sepele tapi akan sangat membantu untuk membangun kepercayaan pelanggan. Jangan sampai foto yang dipasang tidak sesuai dengan barang aslinya. Jika anda menjual barang yang berhubungan dengan fashion, anda bisa memasang foto yang memperlihatkan keindahan barang tersebut ketika dipakai, misalnya jilbab, baju, jam tangan, dan lain sebagainya. Produk-produk semacam itu memang lebih indah jika dikenakan daripada hanya berupa foto produknya saja.
3. Tambahkan keterangan gambar yang jelas dan kode barang
Keterangan produk akan sangat membantu bagi para calon pembeli. Selain melihat produk melalui foto, pembeli bisa membaca spesifikasi produk dengan jelas. Keterangan tersebut meliputi harga, bahan, panjang-lebar produk, kualitas, dan lain sebagainya. apalagi untuk anda yang menjual barang elektronik, sangat perlu memberikan keterangan yang lengkap.
Kode barang juga sangat penting untuk memudahkan pembeli memesan melalui SMS atau email. Akan sangat merepotkan jika pembelian barang dengan jumlah barang yang banyak harus menuliskan nama barang secara lengkap. Untuk variasi warna berikan keterangan berupa angka agar lebih mudah ditulis.
4. Tampilkan Testimoni Pelanggan
Testimoni berupa pendapat-pendapat dari pelanggan yang telah memesan barang anda. ini akan sangat membantu membangun kepercayaan orang terhadap produk yang anda tawarkan.
5. Tampilkan Gambar dan Jasa Pengantar yang Anda Gunakan dan Bank yang Menerima Pembayaran
Toko online tidak bisa lepas dari jasa pengantar barang dan Bank yang digunakan untuk mentransfer uang. Dengan menampilkan logo atau gambar jasa pengantar dan bank tersebut, toko onine anda akan lebih tampak terpercaya. Jasa yang anda gunakan usahakan merupakan jasa yang tersedia di berbagai kota, seperti TiKi dan JNE yang sekarang ini menjadi pilihan toko online di berbagai daerah.
6. Sertakan Alamat Asli, Nomor yang Bisa Dihubungi, Cara Order, dan Keterangan Lain yang Relevan
Penyertaan alamat asli dapat membantu toko online anda dipercaya oleh calon pembeli. Usahakan alamat tersebut asli. Jika anda tidak mempunyai tempat sebagai tokonya, cukup tuliskan alamat rumah anda. ini akan sangat membantu agar pelanggan benar-benar percaya pada toko online anda.
Cara order di toko online tentu lebih rumit daripada memesan secara langsung. Sertakan cara order, mulai dari minimal belanja (jika ada), cara transfer, cara menuliskan pesanan, hingga waktu pengiriman. Selain itu sertakan nomor anda yang selalu anda gunakan pembeli bisa menghungi anda secara langsung.
7. Jujur
Membangun kepercayaan pelanggan tidak mudah, anda harus jujur mulai dari ketersediaan produk yang dijual, harga, hingga soal pengiriman barang dan uang. Sekarang pembeli online banyak yang tertipu dengan toko online yang ternyata palsu. Oleh karena itu anda harus benar-benar meyakinkan pembeli dengan cara jujur.
Semoga tips membuat toko online dengan wordpress bisa bermanfaat untuk anda. Jualan online yang jujur pasti mendatangkan rejeki yang berlimpah untuk anda. Selamat mencobad dan salam pengusaha !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar