Sabtu, 08 September 2012

Alasan Saya Mengambil Mata Kuliah E-Commerce



Waktu liburan kemarin saya benar-benar meliburkan diri dan melupakan semua hal tentang kuliah, karena saya tahu bahwa semester 5 merupakan semester yang paling sulit dan kebetulan saya akan mengambil konsentrasi keuangan. Oleh karena itu liburan kemarin saya memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin agar otak saya bisa fresh dan siap menjalani semester 5. Waktu liburan saya habiskan untuk bermacam-macam kegiatan mulai dari mengunjungi tempat wisata, silaturahmi ke teman-teman lama, mudik ke rumah saudara di Jatiroto, mengantar kakak wawancara kerja di Surabaya, menonton film di bioskop sampai bersurfing ria menggunakan internet di rumah. Semua hal yang menyenangkan saya lakukan di liburan kemarin.
Hingga pada hari pertama KRS saya belum membuat jadwal dan bahkan tidak tahu siapa teman saya yang akan sama-sama masuk konsentrasi keuangan. Hal ini merupakan suatu hal yang aneh bagi saya, karena biasanya pada semester-semester lalu saya sudah menyiapkan KRS sehari sebelumnya sehingga pada waktu mengisi di Lab. Komputer tidak lagi bingung. Sehari sebelumnya saya menerima SMS dari teman saya yang berisi tentang ajakan untuk mengisi KRS bersama-sama di waktu yang ditentukan. Tetapi di waktu hari itu seperti biasa semuanya terlambatnya dan saya pun datang terlambat 2 jam dari waktu yang telah ditentukan. Saya melihat jadwal teman-teman dan saya mengikuti mereka kecuali pada mata kuliah pilihan. Teman-teman saya memilih mata kuliah Manajemen Keuangan Daerah namun saya tidak tertarik dan memilih mata kuliah E-Commerce.
Menurut saya mata kuliah ini menarik karena berhubungan dengan teknologi sekarang. Saya sangat menyukai teknologi bahkan bisa dikatakan hobi. Mulai dari handphone sampai komputer di rumah sudah pernah saya otak-atik sampai rusak lalu saya perbaiki lagi sendiri, sampai kalau benar-benar parah baru saya service di tempat service resmi. Pernah suatu ketika saya membeli handphone baru langsung saya otak-atik tidak sampai 3 hari langsung rusak, namun untung saja masih ada garansi. Saking hobinya saya bahkan dulu berlangganan tabloid pulsa yaitu tabloid yang berisi handphone, gadget dan teknologi lainnya, namun sekarang saya tidak lagi berlangganan karena sudah ada tabloidpulsa.co.id.
Menurut saya mata kuliah Kuliah E-Commerce ini mempunyai banyak manfaat diantaranya kita diajak untuk mengikuti dan menerapkan perkembangan teknologi yang ada saat ini seperti blog, email dan lain sebagainya sehingga kita tidak menjadi anak yang “gaptek” dan alergi teknologi. E-Commerce mempermudah, memperpendek jarak dan mempercepat hubungan kita dengan orang lain karena semua sudah menggunakan sistem online. Orang tidak harus bertemu di suatu tempat yang sama namun cukup bertemu di suatu tempat virtual untuk melakukan komunikasi. Hal-hal seperti ini menurut saya pantas untuk saya pelajari karena prinsip manajemen adalah efektif dan efisien sehingga saya perlu mengetahui apakah ada cara yang lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan saya dengan menggunakan sumber daya teknologi yang ada sekarang ini.
Dengan adanya E-Commerce ini mahasiswa tidak hanya diajarkan mengenai teknologi namun juga yang lebih penting adalah cara mengaplikasikannya dalam bidang bisnis seperti bisnis online dan lain sebagainya. Hal ini merupakan soft skill dan sekaligus didukung dengan technical skill, jadi mahasiswa tidak hanya diajarkan teori namun juga praktiknya. Hasil akhir dari kuliah ini adalah diharapkan nantinya mahasiswa dapat membuat situs berbayar yang nantinya masih bisa dimanfaatkan walaupun setelah lulus mata kuliah ini. Untuk membuat hal semacam itu tidaklah sulit jika memang kita benar-benar menekuni bidang tersebut dengan sepenuh hati.

twitter: @nyeep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar